7 Masjid Terkenal sebagai Tujuan Wisata Religi di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi

7 Masjid Terkenal sebagai Tujuan Wisata Religi di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi – Turki, negara yang kaya akan wisata religinya. Anda pernah melihat film serial Abad Kejayaan? Yaa…film serial ini menceritakan masa kejayaan Islam di Turki dimana Islam akhirnya mampu menguasai Turki dan membangun tempat-tempat peribadatan umat Islam.

Bangunan-bangunan inilah yang akhirnya menjadi peninggalan sejarah Islam yang luar biasa indah dan menakjubkan.  Salah satu bangunan peninggalan Islam tersebut adalah masjid.

Keunikan geografis Turki serta percampuran peradaban timur dan barat yang kental menjadikan negara ini layak dijadikan tujuan wisata religi.

Mayoritas, penduduk negara Turki adalah pemeluk agam Islam dan kita apresiasi bahwasanya penduduk Turki memiliki toleransi yang sangat tinggi dan menghargai pemeluk agama lain.

Bagi Anda kaum non Muslim, jangan khawatir. Anda tetap bisa memasuki beberapa masjid di Turki, karena banyak sekali masjid di Turki yang terbuka untuk umum.

Akan tetapi, tentu terdapat peraturan khusus yang harus Anda taati, seperti halnya larangan memasuki masjid saat sedang dilaksanakan sholat lima waktu maupun menggunakan pakaian yang tepat saat berkunjung. Seperti halnya wisata di Pulau Bali, Indonesia,  dimana ada beberapa tempat religi yang mengharuskan kita menggunakan pakaian atau kain tertentu.

7 Masjid Terkenal Sebagai Tujuan Wisata Religi Di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi

7 Masjid Terkenal Sebagai Tujuan Wisata Religi Di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi

Anda penasaran, wisata religi mana sajakah yang dapat Anda kunjungi di Turki? Berikut daftar masjid-masjid sebagai wisata religi di Turki yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Berikut 7 Masjid Terkenal sebagai Tujuan Wisata Religi di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi

  1. Masjid Biru

Masjid bergaya Ottoman Klasik dengan perpaduan Islam Timur Tengah dan Romawi ini dibangun oleh Sultan Ahmed I pada tahun 1609. Banyak cerita menarik dari Masjid Biru.  Salah satunya yaitu terdapat enam menara megah yang mana pembangunannya menuai kritikan besar dikarenakan jumlah menara yang sama dengan menara yang ada di Masjidil Haram, Mekkah.

Dalam sejarahnya banyak kritikan dari Kerajaan Arab Saudi waktu itu kepada Sultan Ahmed I dengan jumlah pembangunan menara yang sama dari Blue Mosque dengan masjidil Haram di Mekkah, Sehingga Sultan mengirimkan Arsiteknya yang bernama Mehmet Aga untuk membuat 1 menara untuk Masjidil haram dan juga menyumbangkan sejumlah dana.

Interior Blue Mosque Turki - 7 Masjid Terkenal Sebagai Tujuan Wisata Religi Di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi

Interior Blue Mosque

Selain itu, masjid ini memiliki 9 kubah yang terdiri dari sebuah kubah utama dan 8 kubah penyangga yang kokoh. Masjid Biru nan megah ini terletak di kota Istanbul Turki.

Masjid ini disebut Masjid Biru karena dominasi warna biru pada bangunannya serta pancaran lampu masjid berwarna biru pada malam hari yang memberikan kesan megah dan tentu mempesona.  Sebenarnya, nama asli dari Masjid Biru ini adalah Masjid Sultan Ahmed atau Sultan Ahmed Camii.

  1. Ulu Camii

Gaya arsitektural Seljuk menjadi keindahan tersendiri dari masjid yang terletak di kawasan Atatürk Boulevard, Bursa. Masjid dengan usia lebih dari 600 tahun sampai sekarang masih digunakan penduduk sekitar untuk melaksanakan sholat lima waktu.

Masjid kokoh bergaya Seljuk-Usmaniyah ini dibangun oleh Sultan Yildrim Bayezid I dan memiliki 20 kubah yang menjadi nilai keunikannya.

Dahulu, Sultan Bayezid I berjanji untuk membangun sebuah masjid setiap kali memenangkan peperangan. Terhitung 20 peperangan Nicopolis telah beliau menangkan.  Namun saat melakukan pembangunan, sang bendahara mengabarkan bahwa keuangan tidak memungkinan untuk membangun 20 masjid tersebut.

Tempat Wudlu Masjid Ulu Camii - 7 Masjid Terkenal Sebagai Tujuan Wisata Religi Di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi

Tempat Wudlu Ulucamii

Setelah beliau berdiskusi dengan para ulama, diputuskanlah jalan tengah dengan membangun 20 kubah pada Ulu Camii yang kemudian dirancang oleh seorang arsitektur bernama Ali Neccar.

Ulu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Arab yang berarti besar atau agung, sedang Camii berarti masjid ( jami’). Jadi Ulu Camii berati masjid agung.  Ulu Camii juga disebut Grand Mosque Bursa.

Masjid ini pun dikenal dengan Masjid Kaligrafi yang mana masjid ini memang kaya akan ornamen-ornamen kaligrafi. Para pengamat seni bina arsitektur menyatakan bahwa Ulu Camii ini adalah masjid bergaya arsitektur murni Bangsa Seljuk.

UNESCO pun telah memasukkan Ulu Cami ke dalam daftar warisan budaya dunia tahun 2014 dengan menyebut Ulu Cami sebagai salah satu masjid terpenting dalam sejarah Islam.

  1. Masjid Agung di Mardin

Masjid Agung yang berada di kota Mardin ini memilki ciri khas kubah besar dengan menara yang berdiri kokoh hingga sekarang. Masjid Agung ini merupakan masjid tertua di Mardin yang dibangun pada tahun 1176. Masjid Agung Mardin didesain oleh arsitek Zarif keturunan Arturk dan berciri khas seni yang tinggi.

Mardin sendiri merupakan sebuah kota yang terletak di tenggara Turki, berbatasan dengan Irak dan Siria. Dahulu, kota Mardin adalah rumah pasukan Romawi Timur dan kaum Sasani yang berasal dari Iran. Penduduk kota ini adalah  orang Arab Kristen dan Suryani.

Masjid Agung Mardin Turki - 7 Masjid Terkenal Sebagai Tujuan Wisata Religi Di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi

Masjid Agung Mardin Turki

Kota Mardin yang berhasil ditaklukan oleh Bani Umayyah pada 641 M kemudian dijadikan sebagai kota Islam dan diduduki oleh banyak pendatang Arab hingga terbentuk peradaban Islam. Tentu banyak peninggalan sejarah Islam di kota ini yang salah satunya adalah Masjid Agung. Masjid yang dibangun pada abad ke-19 ini, konon merupakan sebuah gereja yang kemudian di jadikan masjid setelah ditaklukan oleh Islam.

  1. Masjid Selimiye

Masjid megah yang didirikan oleh Sultan Selim II pada tahun 1568-1574 ini didesain oleh seorang arsitek ternama Mimar Sinan. Bangunan yang super megah mencerminkan kekuasaan dan kekayaan kekaisaran Ottoman pada saat itu. Desain interior simetrikal terlihat menghiasi bangunan Masjid Selimiye dan memberi kesan polos nan bersih yang memberikan makna bahwa manusia selalu tunduk dan beriman kepada Allah SWT.

Satu hal lagi yang begitu menakjubkan dan merupakan keindahan dari Masjid Selimiye yang sebanding dengan Hagia Sophia adalah bangunan kubah dengan diameter mencapai 31,5 m dan tinggi 43,25 m.

Masjid Selimiye Edirne 7 Masjid Terkenal Sebagai Tujuan Wisata Religi Di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi

Masjid Selimiye Edirne

Masjid yang memiliki menara tertinggi kedua di dunia setelah menara Quth Minar di India ini terletak di kota Erdine. Jendela masjid yang dibuat sebanyak 999 buah juga merupakan simbol kesempurnaan Allah menurut Sinan.

Mungkin Kota Erdine masih asing terdengar ditelinga kita. Kota cantik yang terletak di 260 km sebelah barat laut Istanbul ini diapit oleh dua negara berjarak 7 km dari Yunani dan 20 km dari perbatasan Bulgaria.

Kota Erdine dulunya merupakan pintu barat yang dilalui oleh Sultan Muhammad Al Fatih untuk masuk ke dalam Kota Constantinople setelah penaklukan. Jangan salah, walau pun mungil kota Erdine ini memiliki segudang nama unik.

Pada zaman kekaisaran Romawi kota ini bernama Adrianapolis dan orang Inggris menyebutnya Adrianople. Orang Bulgaria menyebutnya Odrin. Orang Macedonia dan Albania menyebutnya Edren. Sementara orang Serbia menyebutnya Jedrene.

  1. Masjid Rustem Pasha

Masjid Rustem Pasha merupakan satu bukti kemegahan arsitektural Ottoman dengan ciri khas bangunan berbentuk segi delapan. Masjid ini terletak di Kota Istanbul, Turki.

Adapun keindahan lain dari masjid Rustem Pashai adalah hiasan interior masjid berupa keramik khusus berwarna merah dari Iznik, sebuah kota yang terkenal dengan keramik unggulan.

Masjid Rustem Pasha Istanbul 7 Masjid Terkenal Sebagai Tujuan Wisata Religi Di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi

Masjid Rustem Pasha Istanbul

Tak hanya pada teras saja, keindahan keramik ini juga menghiasi mihrab, mimbar aula, dinding-dinding serta pilar-pilar masjid. Selain interior keramik, pesona masjid juga terlihat dari pintu kayu ukir yang disebut “kundekari doors” serta warna-warni arsitektur bangunan yang memberi nuansa damaskus.

Rustem Pasha menjadi  salah satu Orang Terkaya pada masa kejayaan dinasti Ottoman, dan Nama Rustem Pasha berasal dari nama menantu Sultan Sulaiman  yang merupakan orang asli dari Bosnia.

Karena pada saat puncak kejayaan dan kekuasaannya tidak diperbolehkan membangun masjid berukuran besar dan megah yang menyaingi bangunan masjid sebelumnya, maka Masjid Rustem Pasha dibangun dengan ukuran yang lebih kecil dari masjid pada masa kekaisaran Ottoman.

  1. Masjid Raya Sulaimaniyah

Ukuran Masjid Raya Sulaimaniyah yang besar di Istanbul Turki merupakan sebuah keistimewaan. Masjid ini dibangun jauh lebih besar dibanding Masjid Biru. Masjid berkuran lebar 58 m dan panjang 59 m ini didirikan pada tahun 1550 M oleh Sultan Sulaiman I pada masa kekaisaran Ottoman. Masjid Raya Sulaimaniyah telah melambangkan kejayaan pemerintahan Dinasti Ottoman di masa silam.

Bangunan bersejarah yang merupakan peninggalan peradaban Dinasti Ottoman sangat terkenal akan keindahan dan keruminat desain maupun arsitekturnya.

Masjid Raya Sulaimaniyah 7 Masjid Terkenal Sebagai Tujuan Wisata Religi Di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi

Masjid Raya Sulaimaniyah

Bangunan masjid dengan kubah berdiameter 26m dan ketinggian 51,8 m didesain oleh arsitek ternama Mimar Sinan dengan perpaduan dua gaya elemen Byzantium dan bangunan Islam. Terlihat dari desain 4 menara yang ramping dan menjulang setinggi 72 m serta kubah yang besar.

Keistimewaan lain dari masjid terbesar di Istanbul Turki ini yaitu fungsi dari Masjid Raya Sulaimaniyah itu sendiri. Selain sebagai tempat ibadah umat Islam, juga difungsikan sebagai rumah sakit, madrasah, perguruan tinggi, tempat pemandian umum, bahkan sebagai dapur masyarakat yang kekurangan pangan. Sungguh masjid yang luar biasa bukan??

 

  1. Masjid Agung Diyarbakir

Banyak yang belum mengetahui daerah Diyarbakir. Konon daerah Diyarbakir merupakan peninggalan tertua di belahan bumi yang dalam catatan sudah ada sejak 2000 SM. Di daerah ini terdapat Masjid Agung Diyarbakir yang dipercaya sebagai masjid tertua di Mesopotamia.

Awalnya masjid ini juga dipercaya sebagai gereja tertua dan digunakan bersama oleh pemeluk Islam dan Kristen. Pada tahun 1091, Sultan Malik Shah menunjuk Gubernur Seljuk untuk membangun kembali Masjid Agung Diyarbakir yang dibantu oleh arsitek dari negera Siria. Tak heran jika gaya dari bangunan masjid ini mirip dengan Masjid Agung Umayyad di Damascus.

Masjid Agung Diyarbakir - 7 Masjid Terkenal Sebagai Tujuan Wisata Religi Di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi

Masjid Agung Diyarbakir

Bagaimana,, menarik bukan?? Itulah rekomendasi 7 masjid terkenal sebagai tujuan wisata religi di Turki yang memiliki keistimewaan dan pesona yang menakjubkan. Tentu masih banyak tempat wisata lain di Turki yang patut untuk Anda kunjungi.

7 Masjid Terkenal sebagai Tujuan Wisata Religi di Turki Yang Sebaiknya Anda Kunjungi by TravelingEropa.com

Adakah diantara Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Turki? Kami dari TravellingEropa.com siap menemani perjalanan wisata Anda. Kami pun menawarkan beberapa paket wisata Turki yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Apabila Anda ingin menentukan tujuan wisata sendiri, kami pun melayani dengan membuat custom itinerary sesuai permintaan anda. Silakan hubungi kontak kami untuk mengetahui paket-paket wisata apa saja yang kami tawarkan.

Paket Turki  TravelingEropa.com yang

Paket PROMO Tulip 15 – 21 April Turki Plus VISA Turki

Paket Tulip Turki Private Tour 7 Hari 6 Malam

Paket Private Tour Winter 5 Hari 4 Malam Turki

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *